Senin, 16 Mei 2011

Perulangan pada visual basic 6

Kali ini kita akan membahas tentang perulangan pada visual basic 6
Dalam visual basic kita mengenal beberapa bentuk perulangan yaitu do..loop, do..until,do..while, dan for next. Itu sepengetahuan saya saat diajarkan oleh dosen saya... maklum orang awam yang nda’ tau apa-apa...


Lalu sebenarnya untuk apa sihh... kita harus menggunakan perulangan ini???
Jawabanya menurut saya untuk mengulang perintah yang akan kita lakukan tanpa harus menulis kodenya berulang-ulang. Jadi sekali click saja maka perintah tersebut akan melakukannya berulang-ulang sesuai perintah dari atasan...
Baiklah langsung saja masuk pada pokok bahasan....
1.       Pertama kita menggunakan  Do..While

Do … While digunakan untuk mengulang sebuah blok aksi (perintah/statement) pada
jumlah tertentu selama (While) suatu kondisi memenuhi syarat (bernilai true) sampai
kondisi tersebut tidak memenuhi syarat. Bentuk sintaxnya adalah sebagai berikut :
Do While Kondisi
Aksi1
Exit Do
Aksi2
Loop
Atau
Do Kondisi
Aksi1
Exit Do
Aksi2
Loop While kondisi




2.      Do … Until dapat dikatakan sebagai kebalikan dari Do-While. Do-Until digunakan
untuk melakukan proses pengulangan selama kondisi yang dibandingkan tidak
memenuhi syarat (bernilai false). Pengulangan ini akan dilakukan secara berulangulang
sampai (until) kondisi memenuhi syarat (bernilai true). Bentuk sintaxnya adalah
sebagai berikut :
Do Until Kondisi
Aksi1
Loop

Atau

Do Kondisi
Aksi1
LoopUntil kondisi


3.      For … Next. Digunakan untuk mengulangi suatu perintah dalam jumlah yang telah
ditentukan. Dengan menggunakan For-Next anda dapat menentukan berapa kali
pengulangan akan dilakukan. Bentuk sintaxnya adalah sebagai berikut :

For cacah = Awal to Akhir
Aksi
Next

Untuk contoh program bisa anda download disini...
Ingat!! Anda harus buka dengan visual basic 6 jangan yang lain..hee...

PERHATIAN:
postingan ini untuk berbagi dan belajar bersama..
saya juga masih dalam tahap belajar
semoga bermanfaat..

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Guru saya yang sudah mengajarkan ilmu ini kepada saya dan kami semua...
                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengharapkan Komentar yang Sopan, Kritik dan Saran yang membangun.