Rabu, 25 Mei 2011

Membuat menu PopUp vb6

kali ini saya akan coba membuat dan menerangkan tentang pembuatan popUp menu di vb 6.


kalau menurut saya popUp menu adalah sebuah tampilan menu yang muncul ketika kita meng-click mouse.


langsung saja kita mulai....
pertama buat dulu menu nya menggunakan "menu editor" 
setelah anda membuat menu-menunya tunggu sebentar... kalau tempat saya seperti ini..

nahh...itu dia.....
karena yang akan saya jadikan popup adalah menu "file" jadi saya isikan menu file nya dengan "copy dan paste"

setelah semuanya jadi...kita mulai codingnya.....

masuk ke lokasi.....

pada form load

Private Sub Form_Load() 
Me.mnfile.Visible = False 'untuk menyembunyikan menu filenya...
End Sub

kemudian ganti load dengan mousedown , ini untuk mengaktifkan click yang akan dibuat...

kemudian masukan ini...pada mousedown

If Button = vbRightButton Then PopupMenu Me.mnfile 'me adalah form dan mnfile adalah menu filenya

vbrightbutton untuk mengaktifkan click kanan mouse dan bisa anda ganti dengan vbleftbutton untuk click kiri.

mudah bukan.....

selamat mencoba dan selamat mengembangkan.... jangan lupa di komentari.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengharapkan Komentar yang Sopan, Kritik dan Saran yang membangun.